Wednesday, April 3, 2013

Cara Edit Info Game Tema OPL 0.9

Info Game merupakan fitur baru yang ditambahkan pada tema OPL 0.9, dimana pada Info Game ini ditampilkan lebih detail lagi mengenai Info game yang sementara kita pilih di OPL.

Fitur Game Info ini bisa kita aktifkan dan nonaktifkan dari menu setting OPL, jadi penggunaannya terserah sama user-nya, apa ingin digunakan atau memilih untuk di nonaktifkan yang artinya tema dari OPL-nya seperti tampilan sebelumnya pada OPL versi 0.8.

Fitur dari Game Info ini dalam penampilannya pada tema OPL versi 0.9 membaca dari sebuah file cfg dari setiap gamenya, yang artinya disini adalah setiap game memerlukan satu file cfg yang kita gunakan untuk menyimpan semua keterangan mengenai info game tersebut.

Untuk membuat file cfg game info ini sangat mudah sekali dan dapat kita buat dengan menggunakan software text editor semacam notepad atau menggunakan software khusus cfg editor buat tema OPL 0.9 ini.

Dan pada postingan ini akan saya coba bahas semuanya dengan menggunakan kedua cara tersebut.

Untuk lebih jelasnya kita mulai saja membahasnya.

Software yang kita gunakan untuk membuat atau mengedit kembali file cfg ini bernama OPL CFG Maker yang dibuat oleh Miguel Angel (maovx) yang bisa teman-teman download disini.

OPL CFG Maker ini membutuhkan Net Framework 4, jadi sebelum menjalankan software ini, pastikan di komputer teman-teman sudah terinstal Microsoft Net Framework 4

Tampilan pertama setelah program ini kita jalankan dikomputer seperti gambar dibawah ini.



Setelah itu kita tentukan pada folder mana kita akan membuat atau simpan file cfg nanti dengan mengklik pada Choose Directory seperti pada contoh gambar diatas.

Setelah itu kita tentukan dimana akan kita simpan file-file cfg-nya nanti. Dan pada contoh ini file-file cfg-nya saya simpan di flashdisk pada folder CFG seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Setelah itu klik OK.

Selanjutnya kita sudah bisa mulai membuat file cfg game-nya, dan pada contoh ini saya akan membuat file cfg info game untuk Burnout Revenge yang mempunyai nama ID Game SLUS_212.42, maka pada kolom Game ID kita masukkan nama ID Game-nya seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Selanjutnya pada kolom Title kita ketik judul dari game-nya, dalam contoh ini adalah Title=Burnout Revenge seperti pada gambar dibawah ini.


Selanjutnya pada kolom Genre kita isi lagi dengan jenis dari game-nya seperti
  • Genre=Fighting (jika merupakan jenis game berkelahi atau game aksi seperti game Smackdown, dan sejenisnya)
  • Genre=Action (jika merupakan jenis game aksi seperti GTA Series, God of War, dan sejenisnya)
  • Genre=Adventure (jika merupakan game petualangan yang biasa juga kita kenal dengan nama game RPG seperti Final Fantasi, Kingdom Hearts, Xenosaga, dan sejenisnya)
  • Genre=Racing (jika merupakan jenis game balapan seperti Burnout Series, NFS Series, SRS, MotoGP Series, dan sejenisnya)
  • Genre=Shooter (jika merupakan jenis game tembak menembak seperti Black, dan sejenisnya)
  • Genre=Sport (jika merupakan jenis game olahraga seperti WE10, PES Series, NBA Series, dan sejenisnya)
Dan pada contoh ini game Burnout Revenge termasuk kategori game balapan mobil, maka pada kolom Genre kita isi Racing atau Balapan seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Selanjutnya pada kolom Developer kita isi dengan nama dari pembuat atau pengembang dari game-nya.

Dan pada contoh ini untuk game Burnout Revenge penerbitnya adalah Developer=Electronic Arts (sumber).

Maka pada contoh ini akan seperti pada gambar dibawah.


Selanjutnya pada kolom Release kita isi kapan game tersebut diterbitkan.

Dan pada contoh ini untuk game Burnout Revenge diterbitkan pada tanggal Release=13 September 2005 (sumber), maka pada contoh ini akan seperti pada gambar dibawah.


Selanjutnya pada kolom Description kita isi mengenai keterang dari game, disini bisa kita isi mengenai apa saja yang bisa menggambarkan dari game yang sementara kita buatkan file cfg untuk info game-nya.

Dan pada contoh ini untuk game Burnout Revenge saya isi keterangannya sebagai berikut

Description=Game balapan mobil liar dijalanan padat kendaraan, Berbagai kendaraan dan track yang menantang serta efek tabrakan yang memukau, membuat game ini menarik untuk kita mainkan.

Keterangan diatas merupakan contoh saja, teman-teman masih bisa lebih berkreasi lagi sesuka hati, yang penting keterangan yang kita tulis tidak keluar dari game yang sementara kita edit file cfg-nya.

Dan setelah itu, pada contoh ini akan seperti pada gambar dibawah ini.


Selanjutnya pada kolom Region terdiri dari 2 pilihan yaitu,
  • Region=NTSC
  • Region=PAL

Dan pada contoh ini untuk game Burnout Revenge region NTSC (sumber), akan seperti pada contoh gambar dibawah ini


Kemudian pada kolom Players kita isi jumlah pemain yang disupport oleh game tersebut, seperti:
  • Players=1 (jika game tersebut hanya mendukung 1 pemain saja atau game yang tidak mendukung multiplayer seperti God of War dan sejenisnya).
  • Players=2 (jika game tersebut mendukung 2 pemain atau game yang bisa multiplayer seperti GTA, dan game sejenisnya).
  • Players=3 (jika game tersebut hanya mendukung maksimal 3 pemain dengan menggunakan multitap).
  • Players=4 (jika game tersebut bisa dimainkan oleh 4 pemain dengan menggunakan multitap).

Jadi pada contoh ini untuk game Burnout Revenge yang mendukung 2 pemain pada mode multiplayer-nya, maka untuk kolom Players kita pilih 2 seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Sekarang pada kolom Aspect kita isi dukungan game tersebut sama TV yang digunakan, dimana untuk pengaturan kode Aspect-nya sebagai berikut:
  • Aspect=S (jika game tersebut hanya mendukung tampilan pada TV standar 4:3 - Aspect Ratio Standard untuk 480i, 480p, dan 576i).
  • Aspect=W (jika game tersebut mendukung tampilan pada TV layar lebar atau widescreen 16:9 - Aspect Ratio Widescreen untuk 480i, 480p, 576i, dan 1080i).
  • Aspect=W1 (Hack Widescreen: 16:9 menggunakan Hack Widescreen ps2rd, ps2rd ini merupakan aplikasi yang digunakan untuk menjalankan game standar (4:3) agar bisa ditampilkan dengan normal di layar lebar (16:9))

Pada contoh ini dimana untuk game Burnout Revenge mendukung tampilan layar lebar (widescreen) pada menu setting game-nya (sumber), maka pada kolom Aspect kita pilih W seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Sekarang pada kolom Scan kita isi mode video yang bisa didukung oleh game tersebut. Pada sebagian game mode video ini bisa kita akses dengan menekan kombinasi tombol stik saat loading awal masuk game-nya, dimana pengaturan kodenya untuk Scan ini sebagai berikut:
  • Scan=480i (Game yang mendukung 480i).
  • Scan=480p (Game yang mendukung 480p dan kita harus masuk ke menu pengaturan permainan untuk memilih opsi ini).
  • Scan=480p1 (Game yang mengharuskan kita menekan Segitiga dan Kali saat loading game untuk mendapatkan pilihan 480p dari permainan).
  • Scan=480p2 (Game yang mengharuskan kita untuk menekan Linkaran dan Kali saat loading game untuk mendapatkan pilihan 480p dari permainan).
  • Scan=576i (Game yang hanya mendukung 576i (kebanyakan game PAL).
  • Scan=720p (Mudah-mudahan di masa mendatang OPL dapat mendukung progresif scan yang lebih tinggi, baik secara internal maupun dengan pihak ke-3 homebrew).
  • Scan=1080i (Game yang mendukung 1080i).
  • Scan=1080p (Mudah-mudahan di masa mendatang OPL dapat mendukung progresif scan yang lebih tinggi, baik secara internal maupun dengan pihak ke-3 homebrew).
Dan pada contoh ini untuk game Burnout Revenge dimana mendukung  480p jika kita tahan tombol Segitiga dan Kali saat loading pertama masuk game-nya (sumber), maka pada Scan kita isi dengan 480p1 seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Sekarang pada Rating kita berikan peringkat game ini dalam arti keseluruhan, yang artinya disini adalah penilaian kita berikan terhadap game tersebut meliputi segala aspek seperti alur cerita ( game play), kontrol game-nya, video, audio, dan segala aspek yang memberikan nilai tersendiri pada game tersebut dibandingkan dengan game sejenisnya.

Pengaturan untuk pemberian rating ini sebagai berikut:
  • Rating=0 (Defaul, jika tidak ada penilaian terhadap game tersebut).
  • Rating=1 (jika dianggap game tersebut tidak baik untuk dimainkan).
  • Rating=2 (jika dianggap game tersebut lumayan untuk dimainkan).
  • Rating=3 (jika dianggap game tersebut lumayan baik untuk dimainkan).
  • Rating=4 (jika dianggap game tersebut baik sekali untuk dimainkan).
  • Rating=5 (jika dianggap game tersebut sangat baik dari segala aspek dibandingkan dengan game sejenisnya dan pantas untuk dimainkan).

Seperti pada contoh ini untuk game Burnout Revenge saya berikan peringkat bintang 4 (sumber review)

Untuk memberikan rating bintang, kita klik dan geser pada tombol ratingnya ke kanan hingga sesuai dengan jumlah rating yang kita inginkan. Seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Sementara untuk rating ESRB kode pada file cfg-nya sebagai berikut
ESRB=3
ESRB=10
ESRB=17
ESRB=18
ESRB=everyone (huruf kecil)
ESRB=teen (huruf kecil)
Dan pada contoh ini untuk game Burnout Revenge ESRB-nya adalah E10+ for Everyone 10 and older (sumber 1) (sumber 2 = Burnout revenge ESRB), Maka pada contoh ini kita klik pada gambar ESRB seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Pada Device Compatibility kita tentukan game tersebut bisa jalan normal pada Game USB (HD External), Game HDD (HD Internal), Game ETH (game via ethernet), dimana kode pada file cfg sebagai berikut:
Compatibility=All (game bisa jalan di USB/ETH/Internal HDD).
Compatibility=1 (game hanya bisa jalan di USB/HD External).
Compatibility=2 (game bisa jalan di USB & ETH).
Compatibility=3 (game bisa jalan di USB & HDD/HD Internal).
Compatibility=4 (game bisa jalan di ETH & HDD/HD Internal).
Compatibility=5 (game hanya bisa jalan di ETH).
Compatibility=6 (game hanya bisa jalan di HDD/HD Internal).
Pada contoh ini untuk game Burnout Revenge bisa semua jalan pada device yang kita gunakan, maka kita klik/tandai semua pada kotak device seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Sementara pada Compatibility Mode kita tandai jika membutuhkan setting tertentu pada game tersebut agar bisa jalan normal di OPL.

Dan pada VMC Memory Card ditandai sesuai dengan VMC yang digunakan oleh game tersebut (fitur ini aktif jika kita mengedit file cfg yang sudah jadi sebelumnya dan pada pengaturannya menggunakan VMC)

Setelah tidak ada lagi yang ingin kita ubah, maka selanjutnya kita simpan denga mengklik tombol Save.

Setelah itu file cfg game-nya sudah selesai kita buat seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Sementara pada media yang kita gunakan menyimpan file cfg seperti pada contoh ini file cfg saya simpan di flashdisk pada folder CFG akan seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Dan jika file cfg ini kita buka dengan menggunakan notepad akan seperti contoh gambar dibawah ini


Dengan berpedoman pada contoh diatas, maka file cfg untuk info game ini bisa juga kita buat langsung dengan menggunakan Notepad atau text editor lainnya, dimana setiap kodenya kita atur sesuai yang dibutuhkan dengan mengetikkan secara manual, dengan berpedoman pada kode yang sudah saya uraikan diatas (kode tulisan yang saya Bold dan tandai  dengan huruf warna HIJAU).

Dan semua file cfg untuk info game ini kita simpan didalam folder CFG seperti pada contoh gambar dibawah ini saya simpan di flashdisk (untuk digunakan main game USB) pada folder CFG bersama dengan folder-folder lainnya pendukung dari tema OPL seperti folder ART dan folder pendukung lainnya yang dibutuhkan oleh OPL.


Dan jika kita lihat info game ini yang sudah kita edit jika ditampilkan pada tema OPL 0.9 nanti seperti pada contoh gambar dibawah ini (preview info game saya gunakan dari tema opl 0.9 angry bird SW).


Gimana OPL versi 0.9 ?, Tambah Kren khan sekarang tema-nya

Gambar game info dari tema open ps2loader 0.9 diatas merupakan salasatu contoh saja, kita masih bisa mengutak atik dan mengembangkan tampilan tema-nya agar lebih bagus lagi.

Untuk Preview 2 gambar seperti yang terlihat pada info game Burnout Revenge kita buatkan/siapkan juga sebelumnya yang masing-masing file gambar tersebut kita beri nama
ID_Game_SCR.jpg dan ID_Game_SCR2.jpg 
Jadi untuk gambar preview dari Burnout Revenge yang nama ID game-nya adalah SLUS_212.42, kita beri nama gambarnya SLUS_212.42_SCR.jpg dan SLUS_212.42_SCR2.jpg dan disimpan didalam folder ART bersama dengan gambar-gambar cover dan icon pendukung tema-nya, dan Insya Allah akan saya coba bahas lebih lengkap lagi pada postingan yang lain tentang cara menampilkan tema OPL 0.9.

Selesai.
sumber

0 comments: